Beranda | Artikel
Belajar Nahwu 1 Bulan (bagian 1)
Sabtu, 25 Juli 2015

quran3

 

Bismillah.

Di dalam bagian mukadimah, penulis memuji Allah yang telah menurunkan Kitab Al-Qur’an ini dengan bahasa arab, mudah-mudahan kita bertakwa kepada Allah -dengan berpegang kepada Kitab tersebut-. Penulis juga memuji Allah yang telah memudahkan Al-Qur’an untuk diingat dan dipelajari, mudah-mudahan kita semuanya bisa memahami -kandungan ilmu dan hukum yang ada di dalamnya-.

Salawat dan salam juga semoga selalu terlimpah kepada nabi kita Muhammad yang berbangsa dan berbahasa arab dan diutus -bagi segenap manusia- dengan membawa kitab yang sangat jelas -dan menjelaskan berbagai persoalan-. Adapun sesudah itu.

Penulis memaparkan, bahwa kebutuhan seorang muslim untuk memahami kaidah-kaidah bahasa arab adalah kebutuhan yang sangat mendesak. Disebabkan ia merupakan sarana untuk bisa memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah -dua perkara yang telah diperintahkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk kita pegang teguh dan kita ikuti ajaran dan bimbingannya-. Beliau/nabi memerintahkan kita untuk berpegang teguh dengan keduanya dan mengamalkan ajaran-ajarannya. Sementara, tidak mungkin bagi kita bisa memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah itu secara sempurna kecuali setelah mengetahui dan memahami kaidah-kaidah bahasa arab.

Untuk mengunduh teks materi ini silahkan buka tautan di bawah ini :


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/belajar-nahwu-1-bulan-bagian-1/